Belajar Bahasa Inggris Melalui Musik

Musik ialah bahasa universal yang bisa dinikmati oleh semua orang di dunia tanpa perlu mengerti artinya. Hampir semua orang suka musik, dan kebanyakan musisi internasional yang tenar menyanyikan atau membikin nyanyian mereka dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, musik ialah media yang ideal untukmu dalam melatih kecakapan berbahasa Inggrismu terutamanya untuk kecakapan listening. Cari tahu lebih lanjut mengenai bagaimana kamu bisa belajar bahasa Inggris lewat musik lewat tulisan di bawah ini.

Kegunaan Musik Dalam Mempelajari Bahasa Inggris
Musik bukan cuma sumber hiburan yang menyenangkan, namun juga ialah cara yang baik untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris, frase-frase, ekspresi, serta memperlancar pelafalan dan kecakapan memperdengarkan. Kecuali itu, musik memiliki keunggulan dibanding media hiburan lain untuk mempelajari bahasa Inggris, seperti contohnya menonton film, sebab memperdengarkan musik bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Kecuali itu, kalau sudah cukup hafal, kamu malah bisa menyanyikan sebuah nyanyian untuk memperlancar pelafalanmu.

Tips Dalam Mengaplikasikan Musik Untuk Belajar Bahasa Inggris
Menemukan musik yang ideal untuk membantu meningkatkan kecakapan bahasa Inggris-mu tentulah sungguh-sungguh bertumpu pada selera. Ada banyak sekali musik atau nyanyian yang bisa kamu pilih. Sesudah menemukan musisi yang kamu suka, cobalah untuk mendengar dan menangkap kata-kata dalam nyanyian tersebut tanpa membaca liriknya, kemudian cocokkanlah dengan lirik aslinya untuk mengecek apakah https://phenixsalonsuitesmn.com/ kata-kata yang kamu dengar itu benar atau tak. Lebih baik lagi, coba lakukan hal tersebut sambil berdendang! Salah satu cara melatih kecakapan pronunciation atau pelafalan ialah dengan berdendang sebab kita akan lebih terbiasa mencontoh bagaimana suatu kata dinyanyikan daripada disuarakan.

Kecuali itu, cara terbaik lainnya untuk memperdengarkan musik sambil belajar bahasa Inggris ialah dengan pergi ke bermacam festival musik. Ada banyak sekali festival musik di bermacam belahan dunia ini yang bisa kamu datangi, berikut ini beberapa diantaranya:

Glastonbury Festival – Sebuah festival lima-harian semenjak tahun 80-an yang terletak di Somerset, UK, dan dihadiri oleh lebih dari 200.000 pengunjung tiap-tiap tahunnya.
Coachella Valley Music and Arts Festival – Konser internasional yang diadakan di California ini pernah menampilkan artis kelas dunia seperti Pearl Jam, Beyonce, dan Eminem.
New Orleans Jazz & Heritage Festival – Bagi pecinta musik Jazz, inilah festival yang seharusnya kamu datangi. Dikenal juga dengan nama ‘Jazz Fest’, acara ini sudah berlangsung semenjak 1970 dan lazimnya diadakan pada akhir bulan April atau awal Mei.
Sziget Festival – Yakni salah satu festival musik terbesar di Eropa. Diadakan di Budapest, Hungaria, tiap-tiap Agustus dan berlangsung selama seminggu. Berawal dari sebuah event kecil pada tahun 1993, sekarang jumlah penonton per tahunnya mencapai 500.000.
Rock in Rio – Awal awalnya cuma diadakan di Rio de Janeiro, Brazil, namun sekarang tak jarang diadakan di kota-kota besar di semua dunia seperti Lisbon, Madrid, dan Las Vegas. Dengan jumlah penonton mencapai 1.4 juta orang, festival musik 10 harian ini termasuk salah satu festival terbesar di dunia.
Melainkan, pergi ke festival musik cukup memakan waktu sebab seharusnya pergi ke suatu daerah dan sekali-sekali jadwalnya tak selalu sesuai dengan jadwalmu. Belum lagi ditambah tiket yang cukup mahal. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu dan finansial, banyak sekali cara untuk tetap belajar bahasa Inggris lewat musik selain dari festival musik. Umpamanya dengan men-download aplikasi penyedia musik seperti Joox dan Spotify.

Jika kamu bisa memainkan alat musik, maka akan lebih baik lagi. Kamu bisa menyanyikan nyanyian-nyanyian berbahasa Inggris yang kamu sukai dengan diiringi alat musik yang kamu kuasai. Sebagai opsi, kamu bisa berkolaborasi dengan teman yang bisa memainkan alat musik dan berdendang bersama supaya kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan mengasyikan.

Studi Mengenai Pengaplikasian Musik Dalam Belajar Bahasa Inggris
Global English Language Report yang baru-baru ini dilaksanakan oleh YouGov dan disponsori oleh Wall Street English, menampilkan bahwa banyak sekali pelajar dan mahasiswa yang memakai musik untuk membantu mereka mempelajari bahasa Inggris. Kuesioner tersebut melibatkan para pelajar dari 8 negara yang tersebar di benua Eropa, Asia, dan Amerika Selatan. Musisi atau band yang paling tak jarang didengar para responden diantaranya ialah Coldplay, Ed Sheeran, Rihanna, dan Taylor Swift. Melainkan diantara semuanya, Michael Jackson-lah yang paling tenar.

Nah, setelah membaca tulisan di atas, bagaimana kalau kamu mengetes kecakapan bahasa Inggrismu dengan kuis singkat berikut ini.

error: Content is protected !!