Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Menurut Guru SMKN 2 Kasihan

Eksistensi musik tidak terlepaskan dari kehidupan manusia. Di tiap-tiap aktivitas manusia, dapat ditemani dengan alunan musik. Termasuk dikala belajar. Ada siswa yang akan lebih termotivasi belajar bila ada alunan musik yang menemani. Tahukah kau, bahwa mendengarkan musik lebih-lebih musik klasik memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Musik klasik ialah genre musik yang berkembang di Eropa. Disebut musik klasik sebab komposisi musik yang lahir dari kebiasaan Eropa sekitar tahun 1750-1825.

Umumnya musik klasik digolongkan melalui periodisasi tertentu. Mulai dari jangka waktu klasik, dicontoh oleh barok, rokoko, dan romantik. Musik klasik identik dengan pertunjukan musik orkestra. Hal ini dikarenakan instrumen-instrumen yang dipakai dalam pertunjukan orkestra ialah instrumen penghasil musik klasik. Diinformasikan dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (11/2/2024) membagikan info mengenai manfaat mendengarkan musik klasik. Hal ini ditunjukkan oleh Guru SMKN 2 Kasihan, Bantul, Tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) Esti Joharini. Esti membagikan 5 manfaat mendengarkan musik klasik yang perlu diketahui siswa. 1. Mengurangi stres Esti membeberkan, daftar sbobet88 irama yang cantik dan harmoni yang kompleks pada musik klasik dapat menenangkan cara syaraf, mengurangi tingkat hormon kortisol yang dapat memicu stres. Musik klasik mampu menciptakan suasana damai dan menenangkan sehingga membawa pendengarnya ke dalam aliran meditasi. \\\”Alunan musik dari piano dan instrumen lainnya mampu menstimulasi bagian otak yang berkaitan dengan daya positif sehingga menciptakan relaksasi yang kongkret,\\\” terang Esti seperti dikutip dari laman Ditjen Vokasi, Kemendikbud Ristek.

2. Meningkatkan Konsentrasi Esti memberi tahu, bila pernah mengalami kesulitan fokus dikala berprofesi atau belajar, kau dapat mencoba musik klasik untuk mengembalikan konsentrasimu. Melodi dan harmoni yang kompleks dalam musik klasik dapat menciptakan suasana hening dan stabil sehingga otak dapat lebih fokus dan berprofesi lebih baik. 3. Meningkatkan kecerdasan janin Esti menambahkan, alunan bunyi yang berirama pada musik klasik dapat dimanfaatkan untuk menstimulasi janin agar kelak menjadi buah hati cerdas dan kreatif. Hal ini sebab alunan musik klasik membuat perkembangan otak belahan kanan janin dalam kandungan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kesanggupan afektif janin. \\\”Tak hanya itu, malah musik klasik dapat dipakai untuk memutar janin sungsang kembali ke posisi normal,\\\” tuturnya. 4. Menurunkan tekanan darah Menurutnya, bagi penderita tekanan darah tinggi dapat mencoba mendengarkan musik klasik. Karena musik ini berguna untuk menekan tekanan darah agar lebih rendah. Tekanan darah yang terjaga akan menolong seseorang dalam menjaga kesehatan jantung. 5. Meningkatkan daya ingat Salah satu manfaat mendengarkan musik klasik lainnya yang tidak kalah penting ialah meningkatkan kesanggupan seseorang dalam menghafal. \\\”Membaca sambil mendengarkan musik klasik membuat mengingat isi bacaannya. Kecuali itu, mendengarkan musik klasik juga diandalkan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan menolong meringankan gejala dan kegelisahan pada penderita demensia,\\\” tandas Esti.

error: Content is protected !!