Mengenal Berbagai Jenis Musik Rock

Sebagai salah satu pendengar dan juga pecinta dari musik rock, rasanya belum tepat terkecuali tidak mengupas apapun tentang musik rock. kali ini saya akan mengenalkan kepada kalian 10 macam type musik rock yang ada.

Banyak orang yang berpikiran jikalau musik rock sama juga dengan musik yang dinyanyikan pria bertato, rambut mohawk dan menyanyi dengan nada yang keras. Namun tidak seluruh musik rock punyai ciri khas yang layaknya itu.

 

Mari kami sedikit mengupas sedikit sejarah dari musik rock itu sendiri. Musik Rock merupakan salah satu aliran musik yang tenar pada sekitar th. 1950an. Kemunculan musik rock bermula pada akhir th. 1940-an yan disaat itu seniman rock bernama Chuck Berry memengaruhi type musik yang tenar pada masa itu yaitu blues dan county dengan nada baru yang dibantu dengan gitar listrik dan bear drum.

Pada masa awal kemunculan musik rock, genre ini lebih slot gacor 777 dikenal dengan sebutan rock n roll yang besar di Amerika Serikat. Mulai dari sementara itu, jadi banyak pengikut Berry yang memperluas lingkup musik rock yang membuatnya tersebar ke berbagai area di seluruh belahan dunia.

Seiring berjalanya waktu, musik rock juga mengalami pertumbuhan dan evolusi yang cukup signifikan. Grup band rock yang turut mewarnai dunia musik rock salah satunya adalah Led Zeppelin, grup band ini jadi salah satu grup band yang tenar pada th. 70 an dengan membawa sub genre baru yang dikenal dengan hard rock atau heavy metal.

Di th. 1990-an hingga sementara ini disaat musik rock jadi memasuki industri musik modern, musik rock tetap menerut mengalami evolusi yang tidak pernah berhenti untuk mewakili sebuah generasi. Hal selanjutnya menjadikan kehadiran sub genre dari musik rock itu sendiri layaknya alternative rock, jazz rock, blues rock, folk rock, hard rock, indie rock, pop rock dan sebagainya.

Mari kami lihat penjelasan dari lebih dari satu sub genre musik rock selanjutnya  :

1. Alternative Rock

Sub genre ini terlampau tenar di akhir th. 80-an. Biasanya musik dengan genre alternative rock punyai eksplorasi warna nada pada gitar yang cukup kompleks.

Beberapa petunjuk band yang dapat kalian dengarkan berdasarkan sub genre ini adalah Nirvana, radiohead, green day dan Bring Me The Horizon.

 

2. Jazz rock

Sub genre ini jadi berkembang di akhir th. 1960an dan merupakan type musik rock yang musisinya didalam mengapresiasikan hingga ke area jazz. Jenis musik ini memadukan kebiasan-kebiasaan & daya dari musik rock dengan harmonisasi yang prima dan kebebasan improvisasi jazz.

Beberapa petunjuk musisi yang dapat kalian dengarkan berdasarkan sub genre ini adalah Miles Davis, Lee Ritenour, dan Chick Corea Electric Band.

 

3. Blues Rock

Sub genre ini merupakan anggota dari type musik blues yang paling muda. Chicago dan Delta Blues pada th. 1960an yang jadi gagasan dari adanya Blues rock. Yang membedakan antara rock dan blues adanya tambahan pada pola melodinya. Sub genre musik Blues rock manfaatkan pola melodi blues pada riff utamanya.

Beberapa petunjuk band yang dapat kalian dengarkan yang sesaui dengan sub genre ini adalah Rolling Stones, Creedance Clearwater dan The Doors.

4. Folk Rock

Genre yg satu ini adalah genre musik yang memadukan antara unsur musik rock dengan musik rakyat. Genre music ini berawal dari populernya folk music di amerika, lantas pada 1960an musisi layaknya joan baez dan bob Dylan jadi pemimpin dari gerakan ini sebagai penyanyi dan penulis lagu. Namun pada sementara itu rock dan music folk masih jadi genre yang terpisah. The House of Rising Sun oleh The Animals pada th. 1964 merupakan langkah awal memadukan lagu rakyat yang direkam dengan intrumentasi rock pertama yang berhasil secara komersial.

Beberapa petunjuk band yang dapat kalian dengarkan yang cocok dengan sub genre ini adalah The Beattles, The Byrds, dan Bob Dylan.

5. Pop Rock

Dari sekian banyak sub genre dari musik rock barangkali pop rock merupakan genre musik yang paling dinikmati oleh orang — orang. Isi dari music yang mudah jadi alas an kenappa sub genre ini lebih mudah diterima oleh banyak orang. Pop rock merupakan sub genre musik yang memadukan antara musik pop dan rock.

error: Content is protected !!