Mengetahui Alat Musik Melodi dan Sistem Memainkannya

Alat musik melodi adalah alat musik yang bisa membunyikan melodi dalam sebuah lantunan nyanyian, melainkan pada biasanya tak bisa memainkan akor sendirian.

Hal ini berarti, alat musik melodi bisa menciptakan nada atau notasi, seperti \\\’do re mi fa sol la si do\\\’ yang bisa melengkapi bunyi-bunyian yang dibuat dari alat musik ritmis dan harmonis.

Alat musik melodi juga bisa diartikan sebagai alat musik yang mempunyai melodi atau nada. Biasanya fungsi dari alat musik melodi ini adalah untuk memegang nada dalam sebuah nyanyian atau musik.

Ciri khas alat musik melodi, adalah nada yang lebih lembut dan nyaman didengar saat santai.

Alat musik melodi bisa dimainkan sendiri atau solo. Cukup berbeda dengan alat musik harmonis dan alat musik ritmis.

Suara yang dibuat dari alat musik melodis biasanya slot gates of olympus mempunyai melodi tinggi rendah dengan nada yang teratur.

Maka dari itu, pemainnya harus mempunyai keterampilan untuk menetapkan dan memegang kapan alat musik dimainkan dengan nada yang tinggi atau rendah.

Alat musik melodi mempunyai banyak variasi dengan cara memainkannya yang beraneka. Ada yang dipukul, digesek, dipetik, digoyang, dan lain-lain.

Berikut adalah beraneka variasi alat musik melodi yang mungkin sudah tak asing lagi. Disimak yuk, Moms!

1. Piano

Piano termasuk dalam alat musik melodi yang dimainkan dengan cara menekan tuts berwarna putih dan atau hitam.

Suara yang dibuat piano berasal dari alat itu sendiri atau yang kerap kali disebut sebagai alat musik akustik. Tanpa bantuan listrik, piano bisa menciptakan suaranya sendiri saat ditekan.

Tetapi, kini juga banyak piano elektrik yang memerlukan listrik untuk menciptakan bunyi atau bunyi.

Piano kerap kali digunakan dalam beraneka musik atau nyanyian, karena bisa menciptakan nada yang tinggi rendah yang lembut.

Seorang pemain piano dikenal dengan sebutan pianis. Suara yang dibuat akan makin indah dengan perpaduan antara tuts-tuts yang ditekan secara bersama-sama.

Piano mempunyai format yang cukup besar dan biasanya berwarna hitam dan mempunyai pedal injak serta tempat duduk untuk duduk pemain piano.

2. Akordion

Ada banyak nama panggilan yang digunakan beberapa orang untuk menyebut alat musik melodi satu ini.

Di Indonesia, dikenal dengan nama akordeon atau akordion. Sedangkan di luar negeri, panggilannya konsisten sama, melainkan dengan penulisan yang berbeda adalah accordeon.

Akordeon adalah alat musik sejenis organ dengan format yang lebih kecil.

Akordeon dimainkan dengan cara digantungkan atau disangga di badan mengingat beratnya yang tak ringan.

Alat musik ini dimainkan dengan cara menekan tombol-tombol \\\’akor\\\’ dengan menerapkan jari-jari tangan kiri, padahal yang tangan yang kanan memainkan melodi untuk mengiringi nyanyian. Tetapi, seandainya sudah ahli, biasanya menerapkan tangan secara bergantian.

Suara yang dibuat dari alat musik akordeon berasal dari pergerakan udara yang disalurkan ke \\\’lidah-lidah\\\’ akordeon. Udara ini muncul dari gerakan tangan sang pemain (dorongan dan tarikan).

3. Harmonika

Harmonika termasuk dalam alat musik melodi yang dimainkan dengan cara diisap dan buka ditiup. Sebab bunyi harmonika dibuat dari tarikan serta tiupan nafas mulut pemainnya.

Harmonika dibatasi dengan kedua telapak tangan. Posisi dua ibu jari diposisikan di komponen badan harmonika, padahal dua jari telunjuk berada di atas harmonika.

Sistem memainkan atau mengisapnya harus berada tepat di lubang yang ditetapkan.

Contoh cara memainkannya adalah nada do dengan menghembuskan nafas, nada re dengan menarik nafas, nada mi dengan menghembuskan nafas, nada fa dengan menarik nafas, dan seterusnya.

error: Content is protected !!