Pengertian dan Model Musik Ansambel

Musik merupakan sebuah karya seni yang berkembang dari waktu ke waktu. Saat mendendangkan sebuah nyanyian, musik wajib diiringi oleh alat musik dan media lainnya.

Ansambel musik, merupakan gabungan dari beberapa ragam alat musik yang dapat dimainkan secara harmonis. Teknik bermain yang berbeda diperlukan untuk tiap instrumen. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ansambel merupakan sekelompok pemain musik (penyanyi) yang secara teratur tampil bersama.

Ansambel musik kontemporer tak selalu mengandalkan musik klasik, namun spaceman pragmatic cenderung modern dan inovatif. Kemudian gunakan pengaturan yang berbeda dan banyak ragam instrumen.

Sementara itu, seperti dikutip dari buku A Yudana Basuki Handicrafts and Music Arts (1996), musik ansambel merupakan ragam pertunjukan yang dijalankan oleh banyak orang yang memainkan nyanyian-nyanyian sederhana dengan menerapkan alat musik tertentu.
Alat musik yang diaplikasikan dalam musik ansambel dapat dikategorikan menjadi tiga ragam: alat musik melodis, alat musik ritmik, dan alat musik harmonik.

Dalam memainkannya, beberapa instrumen berperan sebagai pembawa melodi utama, yang lain sebagai pengiring.

Kategori fungsional musik ansambel
dibagi menjadi tiga golongan: golongan alat musik ritmis, golongan alat musik melodis, dan golongan alat musik harmonik.

Model musik ansambel berdasarkan Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia, musik ansambel dapat dibedakan menjadi dua golongan, merupakan ansambel sejenis dan ansambel campuran.

Jenis instrumen yang sama seperti gitar, piano, biola dan instrumen lainnya. Ansambel campuran, di sisi lain memainkan berjenis-jenis alat musik.

error: Content is protected !!